POLITEKNIK PERTANIAN UNIVERSITAS ANDALAS PAYAKUMBUH
Senin, 09 September 2013
Belum Dapat Ijazah, Sudah Dilirik 11 Perusahaan. 321 Mahasiswa Politani Payakumbuh Diwisuda.
Sebanyak 321 mahasiswa dan mahasiswi penyandang gelar Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4) Pertanian tersebut, setelah di Wisuda di Kampus Unand Limau Manis, dilepas secara resmi dari kampus Politeknik Pertanian Negeri Paya­kumbuh di Tanjungpati, Nagari Koto­tuo, Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Minggu, 8 September 2013.

Acara Pelepasan ini dihadiri Rektor Unand, yang diwakili oleh Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Ir. Helmi, M.Sc. para Stakeholder mitra Politani, dosen dan orang tua para wisudawan.

“Wisudawan tahun ini adalah wisudawan yang paling banyak jum­lahnya, sepanjang sejarah Politani Unand berdiri. Karena dalam tiga tahun terakhir, penerimaan ma­hasiswa baru memang cenderung meningkat,” kata Deni Sorel Jumat (6/9) siang.  Deni menambahkan, selain lebih banyak jumlahnya, wisudawan dan wisudawati Politani Unand tahun ini, memiliki peluang kerja lebih besar. “Sampai sekarang, sudah 11 peru­sahaan bidang perkebunan, pertanian, peternakan, dan perbankan telah meng­hu­bungi kami, untuk merekrut tamatan tahun ini sebagai tenaga kerja,” ucap Deni.

Sebelas perusahaan yang siap merekrut tamatan Politani Unand tahun ada­lah PT Sinar Mas, PT Cha­roen Pokhpand, PT Medion, PT Asian Agri, PT Incasi Raya, PT Salim Ipomas Putra,  PT Chairul Tanjung Agro, PT Musim Mas, PT London Sumatera, Frist Resources Group, dan Bank Syariah Mandiri.

Dari 11 perusahaan tersebut, se­banyak 4 perusahaan, yakni PT Sinar Mas, PT Incasi Raya, PT Asian Agri, dan Bank Syariah Mandiri, telah selesai melakukan rekrutmen. Di­mana, sebanyak 48 mahasiswa Po­litani Unand yang wisuda pada hari ini telah diterima sebagai te­naga kerja.
Sedangkan perusahaan lain, se­perti Charoen Pokh­pand,  Medion, Salim Ipo­mas Putra, Chai­rul Tanjung Agro, Musim Mas, London Sumatera dan Frist Resources Group, akan me­rekrut tenaga kerja tamatan Politani Unand, selepas wisuda ini. “Kami sedang menyusun jad­wal­nya,”” tukuk Deni Sorel didampingi Kepala Bagian Kerjasama Politani Unand, Kresna Murti.
Baik Deni Sorel mau­pun Kresna Murti optimis, ta­matan Politani Unand tahun ini, akan banyak diterima di perusahaan-perusahaan tersebut. Apalagi, sebanyak 16 orang tamatan, sebelumnya tercatat sebagai mahasiswa yang menerima beasiswa ikatan dinas dari PT Incasi Raya.

“Selain ada yang menerima bea­siswa ikatan dinas, di antara tamatan tahun ini ada yang baru pulang ma­gang di Jepang. Mereka berjumlah 10 orang. Mereka punya peluang cukup besar untuk langsung direkrut sebagai tenaga kerja pada perusahaan-peru­sahaan tadi,” kata Deni Sorel.

Terkait mahasiswa Politani Unand yang magang di Jepang, saat ini tinggal 20 orang. Mereka magang di peru­sahaan perkebunan berlabel Simota Farm dan Terunuma Farm. “Ke­mungkinan, akan ada lagi yang akan kami kirim ke Jepang, selain ke Australia. Tapi ke Australia ini masih tahap penjajakan,” ulas Deni.

Kembali kepada mahasiswa yang diwisuda tahun ini, menurut Deni, memiliki nilai akademik yang cukup memuaskan. Walau demikian, sesuai tradisi-tradisi tahun sebelumnya, pihak kampus tetap harus menen­tukan lulusan terbaik untuk setiap program studi.
“Untuk program D3, lulusan ter­baik tahun ini adalah Ae Asmora Rangkuti, mahasiswa program studi Budidaya Tanaman Pangan,” kata Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unand Cabang Paya­kumbuh dan Limapuluh Kota. Selain menetapkan 2 lulusan terbaik prodi D3 dan D4, Politani juga menetapkan 10 mahasiswa/i terbaik, per prodi. Mereka umumnya berasal dari Sumut, Sumbar dan Riau.
Kesepuluh lulusan terbaik per program studi itu adalah  Werlina Dewi Sari Sianturi (Budidaya Tana­nam Perkebunan), Delviana (Ma­najemen Perkebunan), Ae Asmora Rangkuti (Budidaya Tanaman Pa­ngan) Mar­dhiatul Husna (Agribisnis Pertanian), Sutrisno (Peternakan), Ayik Hariyanti (Produksi Hor­tik­ul­tura), Rahmi (Ma­najemen Produksi Pertanian), Rah­madiah Ningsih (Teknologi Pangan), Fadilla May­risty (Tata Air Pertanian), serta Rosa Putri (Mesin & Peralatan Pertanian).
posted by Harmailis Chaniago @ 18.37  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
..Prodi yang terdapat di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, 1. Tata Air Pertanian, 2. Mesin Peralatan Pertanian, 3. Teknologi Pangan, 4. Budidaya Tanaman Pangan, 5. Agribisnis, 6. Peternakan, 7. Hortikultura, 8. Budidaya Tanaman Perkebunan, 9. Manajemen Produksi Pertanian dan 10. Manajemen Perkebunan..........
Jalur Pendidikan Vokasional Pertanian di Sumatera Barat
SECUIL INFO
INFO SEBELUMNYA
LIHAT LAGI INFO
TAWARAN PROGRAM STUDI

8 Program Studi D-III : Budidaya Tanaman Perkebunan, Agribisnis, Peternakan, Teknologi Produksi Tanaman Pangan, Teknologi Produksi Hortikultura, Teknik Sumberdaya Air dan Lingkungan, Teknologi Pangan, dan Mesin Peralatan Pertanian dan 2 Program Studi D-IV, Manejemen Produksi Pertanian dan Manajemen Perkebunan

Links
Powered by

Blogger Templates

BLOGGER