POLITEKNIK PERTANIAN UNIVERSITAS ANDALAS PAYAKUMBUH
Minggu, 25 Agustus 2013
Lokakarya Kurikulum Bidang Pertanian Politeknik Pertanian Se Indonesia Berakhir

Hari ini, Minggu 25 Agustus 2013 kegiatan Lokakarya Kurikulum Bidang Pertanian Politeknik Pertanian Se Indonesia berakhir, dan semua peserta yang berasal dari seluruh Politeknik yang memiliki program studi bidang pertanian sudah kembali ke daerah masing masing dan telah meninggalkan kota Bukittingi yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini tepatnya di Grand Rocky Hotel, Bukittingi.

Politeknik dan jumlah peserta yang mengikuti acara ini adalah  Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (30 peserta), Politeknik Pertanian Negeri Kupang (9 peserta), Politeknik Negeri Jember (8 peserta), Politeknik Negeri Lampung (20 peserta), Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (17 peserta), Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (7 peserta), Politeknik Negeri Pontianak (2 peserta) dan diikuti juga oleh peserta dari Akademi Komunitas Kabupaten Nias Utara, Sumut (5 peserta).  Sementara peserta dari Politeknik Negeri Tual karena sesuatu hal tidak bisa menghadiri kegiatan lokakarya ini.

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 22 Agustus 2013, dibuka oleh Direktur Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Ir. H. Deni Sorel, M.Si pada Kamis malam yang juga dihadiri oleh beberapa Direktur Politeknik, yaitu Ir. Ridwan Baharta, M.Sc (Politeknik Negerli Lampung), Ir. Wartomo, MP (Politeknik Pertanian Negeri Samarinda), Ir. Nanang Tri Wahyono, MM (Politeknik Negeri Jember), dan Ir. Andi Asdar Jaya, M.Si (Politeknik Pertanian Negeri Pangkep).

Acara Lokakarya dimulai dengan pemberian materi tentang Konsep Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),  Penyusunan Capaian Pembelajaran, Penyusunan Profil Program Studi dan Nomenklatur Program Studi oleh Endrotomo, Dosen ITS Surabaya, yang mewakili ibuk Illah Sailah Direktur Belmawa DIKTI yang berhalangan hadir.  Penyampaian materi yang dimoderatori oleh Ir, Harmailis, M.Si (Katua Jurusan Teknologi Pertanian, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh) berjalan dengan baik dan diiukuti dengan antusias oleh seluruh peserta, hal ini terlihat dengan tidak beranjaknya para peserta dari tempat duduk sampai penyampain materi selesai.  Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kelompok yang diikuti sebanyak 24 kelompok program studi yang ada di  bidang pertanian. Hasil diskusi kelompok yang  pembacaan rumusanya disampaikan oleh ketua pelaksana kegiatan Ir. Soemarsono, MP diakhir acara diskusi akan dijadikan bahan kajian untuk dibahas lebuh lanjut di tingkat DIKTI.

Selain kegiatan di atas, peserta juga diajak untuk Wisata ke Lembah Harau dan Fly Over Kelok Sembilan pada hari Sabtu, 24 Agustus 2013 dan pada malam harinya dilakukan jamuan makan malam dan ramah tamah serta hiburan di Gedung Serba Guna Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh sekaligus acara penutupan kegiatan.  Yang menarik pada acara hiburan selain setiap perwakilan politeknik menyumbangkan suara emas dengan lagu lagu kesayangan masing masing, para peserta juga disuguhi Tarian Pasambahan dan Tari Pelangi yang dibawakan oleh UKM Kesenian Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.  Tarian yang dibawakan oleh mahasiswa mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh itu cukup menarik perhatian seluruh peserta.  "Inilah bentuk kesungguhan mahasiswa, walaupun masih dalam suasana libur dan mereka berasal dari berbagai daerah, tapi bisa datang ke kampus dan memberi hiburan kepada peserta lokakarya", ujar Ir. Rita Erlinda, MP yang merupakan pembimbing UKM Kesenian Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh..

Inilah sebagian foto kegiatan...

.. foto bersama narasumber, direktur beberapa politeknik dan bupati Nias Utara

 ...foto bersama sebagian peserta lokakarya...

 .. penyampaian materi lokakarya oleh bpk Endrotomo...

.. pemberian siriah di carano kepada bapak Ir. Bastamam, M.Si, pembantu Direktur I Polinela - Lampung pada acara temu ramah di Gedung Serba Guna Politeknik Pertanian Payakumbuh....
posted by Harmailis Chaniago @ 07.16  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
..Prodi yang terdapat di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, 1. Tata Air Pertanian, 2. Mesin Peralatan Pertanian, 3. Teknologi Pangan, 4. Budidaya Tanaman Pangan, 5. Agribisnis, 6. Peternakan, 7. Hortikultura, 8. Budidaya Tanaman Perkebunan, 9. Manajemen Produksi Pertanian dan 10. Manajemen Perkebunan..........
Jalur Pendidikan Vokasional Pertanian di Sumatera Barat
SECUIL INFO
INFO SEBELUMNYA
LIHAT LAGI INFO
TAWARAN PROGRAM STUDI

8 Program Studi D-III : Budidaya Tanaman Perkebunan, Agribisnis, Peternakan, Teknologi Produksi Tanaman Pangan, Teknologi Produksi Hortikultura, Teknik Sumberdaya Air dan Lingkungan, Teknologi Pangan, dan Mesin Peralatan Pertanian dan 2 Program Studi D-IV, Manejemen Produksi Pertanian dan Manajemen Perkebunan

Links
Powered by

Blogger Templates

BLOGGER